News

Efektifkah Menggunakan Sarung Tangan untuk Mencegah Virus Corona COVID-19?

Efektifkah Menggunakan Sarung Tangan untuk Mencegah Virus Corona COVID-19

Efektifkah Menggunakan Sarung Tangan untuk Mencegah Virus Corona COVID-19?

Banyak orang saat ini merasa bahwa mereka perlu melakukan berbagai cara untuk melindungi diri mereka sendiri, terutama dari Corona Virus penyebaran COVID-19.

Mulai dari memakai masker untuk mencuci tangan mereka setiap kali telah dilakukan, namun banyak yang merasa bahwa upaya masih kurang.

Sekarang, jika Anda berbelanja di supermarket, banyak orang memiliki inisiatif untuk memakai sarung tangan saat berbelanja atau bahkan hanya plastik yang jika dapat menutupi permukaan tangan mereka.

Namun, seberapa efektif cara untuk menyelesaikan penularan Virus COVID-19?

Salah seorang dokter penyakit menular, Dr. Sumon Chakrabarti pun menjelaskan hal ini secara lebih jelas, seperti dikutip dari laman CTV News, Selasa (9/6/2020).

“Di depan umum, (menggunakan sarung tangan) tidak perlu,” kata Chakrabarti.

“Apa yang saya temukan adalah bahwa ketika orang memakai sarung tangan di depan umum, mereka sering memakai sarung tangan yang sama di mana-mana.”

“Dengan melakukan ini, Anda benar-benar secara paradoks menempatkan diri lebih berisiko terinfeksi,” lanjutnya lagi.

Menyentuh berbagai permukaan dengan sepasang sarung tangan sekali pakai bisa menyebarkan kuman tidak hanya berbahaya, tetapi juga menularkan virus dari satu lokasi ke lokasi lain, Chakrabarti menjelaskan, menambahkan bahwa itu bisa berbahaya.

“Penggunaan sarung tangan terlalu berisiko dengan masalah kebersihan,” katanya.

Tidak Memberika Perlindungan Ekstra

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Corona Virus COVID-19 terutama ditularkan dari orang ke orang melalui droplet pernapasan dikeluarkan dari mulut atau hidung. Infeksi virus menyebar ketika seseorang dengan batuk, bersin, atau menghembuskan napas, dan orang lain menghirupnya.

Mungkin seseorang juga terinfeksi jika mereka menyentuh permukaan yang terkontaminasi COVID-19, dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut mereka.

Jeff Kwong, spesialis penyakit menular di University of Toronto, mengatakan bahwa kontak dengan membran mukosa yang menyebabkan infeksi.

“Jika virus hanya ada di tangan Anda, Anda tidak akan terinfeksi, selama Anda tidak menyentuh wajah Anda,” katanya.

Menurut Chakrabarti, mengenakan sarung tangan sekali pakai, terlepas bahan lateks, nitril atau vinil dapat menyesatkan orang untuk berpikir ini cukup untuk melindungi diri dari virus.

Mencuci Tangan Tetap Menjadi Yang Terpenting

Menurut pernyataan dari Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC), mencuci tangan secara teratur sambil memberikan perlindungan yang lebih dari penularan Virus Corona daripada menggunakan sarung tangan non-medis.

Lembaga kesehatan nasional juga menjelaskan bahwa sarung tangan sekali pakai tidak boleh digunakan kembali dan bahkan dibuang setelah digunakan.

Alih-alih memakai sarung tangan, PHAC menganjurkan praktik kebersihan yang baik tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air untuk setidaknya 20 detik atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol atau pembersih tangan berbasis alkohol.

Rekomendasi lain yang dibuat oleh lembaga ini adalah untuk tidak menyentuh wajah Anda, dan etika praktek pernapasan dengan menggunakan lengan saat batuk.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menggemakan pesan ini, bersikeras bahwa mengenakan sarung tangan tidak diperlukan untuk masyarakat umum. Menurut institute, mencuci atau membersihkan tangan Anda secara teratur tetap merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari kuman ketika menjalankan tugas dan setelah keluar. “

Dengan pemikiran ini, ide untuk menggunakan pembersih tangan sarung tangan disposable mungkin tampak seperti hal yang menarik. Meskipun ada kekhawatiran tentang kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan alkohol sebagai desinfektan, penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pembersih tangan pada sarung tangan lateks dan nitril tidak secara signifikan mengurangi perlindungan yang mereka tawarkan.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping